Mengenal Jenis-jenis Bisnis yang Kamu Harus Tahu

Bisnis adalah suatu kegiatan organisasi, perseorangan, atau sekelompok orang yang menjual barang atau jasa kepada konsumen (masyarakat) atau kepada pebisnis lainnya, untuk mendapatkan laba/keuntungan (profit). Kegiatan bisnis dapat dijalankan oleh siapa saja, baik muda maupun tua, perempuan maupun laki-laki.
Menjamurnya semangat bisnis saat ini telah menjangiti banyak lapisan masyarakat. bahkan banyak pebisnis muda yang bermunculan dengan berbagai produk yang ditawarkannya, hal ini membuktikan betapa kegiatan berbisnis begitu diminati bahkan pada berbagai range usia.
Bagi kamu yang juga menginginkan untuk membuka bisnis sendiri, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu pengertian bisnis dan bidang bisnis apa yang ingin kamu jalani. Untuk memberikan edukasi mengenai apa itu bisnis.
jenis-jenis bisnis

Berikut adalah informasi mengenai jenis-jenis bisnis yang kamu harus tahu sebelum memulai sebuah bisnis.
1. Manufaktur adalah jenis bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang hasil produksinya berupa barang nyata baik berupa barang jadi maupun komponen komponen, seperti mobil.
2. Bisnis jasa adalah jenis bisnis yang hasil produknya berupa barang tak terlihat berupa jasa. Sementara keuntunggan yang didapatkan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang diberikan. Contoh bisnis yang bergerak di bisnis jasa adalah psikolog dan delivery
3. Pengecer dan distributor adalah jenis bisnis yang berperan sebagai perantara produk antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
4. Bisnis pertanian dan pertambangan adalah jenis bisnis yang hasil produksinya adalah berupa barang-barang mentah berupa tanaman atau mineral tambang.
5. Bisnis finansial adalah jenis bisnis yang keuntungannya didaptkan dari hasil investasi dan pengelolaan modal. Contoh bisnis yang bergerak di jenis bisnis ini adalah bursa efek.
6. Bisnis informasi adalah jenis bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
7. Utilitas adalah jenis bisnis yang keuntungannya didapatkan dari hasil mengoperasikan jasa untuk public. Jenis bisnis ini dapat berupa perusahaan penghasil listrik dan air. Yang mana di Indonesia Jenis bisnis ini dijalankan oleh pemerintah karena membutuhkan modal yang besar.
8. Bisnis real estate adalah jenis bisnis yang keuntungannya didapatkan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan property, seperti rumah dan jenis bangunan lainnya.
9. Bisnis transportasi adalah jenis bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan orang atau barang dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain. Contoh jenis bisnis ini dapat berupa angkutan kota.
10. Bisnis online adalah jenis bisnis yang proses bisnisnya dilakukan secara online. Dalam bisnis online penjual dan pembeli tidak harus melakukan tatap muka secara langsung. biasanya komunikasi yang dijalin oleh pembeli dan pembeli dibangun secara online pula melalui aplikasi instan messenger. Dalam proses nego barang dilampirkan dalam bentuk foto dan lainnya. Untuk bisa berbisnis secara online, banyak media yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah website, facebook, twitter, instagram, path, blog dan lainnya.
Berikut tersebut diatas adalah beberapa jenis-jenis bisnis yang harus diketahui sebelum memulai suatu bisnis. Agar pegiat bisnis dapat fokus terhadap satu jenis bisnis dan terus menggali kemampuan bisnis dalam bidang tersebut. Dengan memahami masing-masing jenis bisnis, memungkinkan seorang pegiat bisnis untuk memadukan dua jenis bisnis menjadi satu dan membuat jenis bisnis lainnya.

Reaksi:

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Hello, how may we help you? Just send us a message now to get assistance.

Facebook Messenger ×