Bisnis Minim Modal yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Memulai bisnis memang membutuhkan modal, banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis karena terkendala oleh modal awal. Terlebih lagi jika pegiat bisnis ini datang dari golongan pelajar dan mahasiswa. Yang mana pegiat bisnis yang datang dari golongan pelajar dan mahasiswa ini berniat untuk memulai bisnis karena ingin mendapatkan tambahan uang disamping uang pokok yang mungkin didapatkan dari orang tua.
Bagi pelajar dan mahasiswa yang mulai berbisnis tidak hanya berguna untuk menambah uang disamping uang pokok dari orang tua, tetapi bisa juga digunakan sebagai modal awal, pengalaman dan pembelajaran yang baik dalam upaya melangkah untuk hidup lebih mandiri. Berikut dibawah ini adalah jenis bisnis minim modal yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa agar dapat menjalankan bisnis tanpa harus dipusingkan oleh modal awal, diantaranya:
Bisnis Minim Modal yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

1. Dropshipper
Dropshipper adalah jenis bisnis online selain tanpa modal juga tanpa resiko rugi. Ini adalah jenis bisnis dimana kamu menjual barang atas nama kamu, tapi barang dikirim oleh pihak lain.
Contohnya, kamu adalah seorang dropshipper dari supplier sepatu seharga Rp.200.000 yang akan kamu tawarkan kepada calon pembeli dengan harga Rp.250.000. saat ada pembeli yang tertarik, pembeli mengirimkan uang seharga Rp.250.000 padamu yang kemudian lanjut kamu transfer kepada supplier sebesar Rp.200.000. supplier akan mengirimkan barang pesanan tersebut kepada pembeli atas nama kamu.
Jadi, sebagai dropshipper keuntungan yang kamu dapat adalah selisih harga yang kamu tetapkan dan herga yang supplier tetapkan. Tidak perlu modal, bukan?
2. Bisnis jual beli buku bekas
Mahasiswa dan pelajar pasti membutuhkan buku-buku akademik untuk mendukung kegiatan perkuliahannya. Selain membutuhkan buku-buku, pelajar dan mahasiswa pasti juga memiliki buku-buku akademik bekas yang mungkin tidak lagi terpakai. Jika pelajar dan mahasiswa jeli, buku-buku akademik bekas yang tidak terpakai ini merupakan peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan dengan menjual buku bekas dengan harga yang lebih murah tanpa mengorbankan fungsinya.
Karena saat biaya pendidikan semakin mahal, buku bekas menjadi alternatif untuk mengurangi beban keuangan mahasiswa. Buku-buku akademik bekas yang masih layak digunakan dapat dibeli dengan harga murah ini, bisa kamu dapatkan dari pengumpul buku atau/ dari teman/ orang lain yang sudah tidak membutuhkannya lagi. Kemudian jual kembali buku bekas tersebut kepada teman/orang lain yang membutuhkan.
3. Bisnis jasa servis laptop atau komputer
Pelajar atau mahasiswa yang suka atau berfokus pada bidang IT, bisa memulai bisnis minim modal jasa servis laptop atau komputer. Bermodalkan pengetahuan yang sudah kamu miliki baik secara akademik maupun otodidak, bisa digunakan untuk memperbaiki laptop atau komputer calon pelanggan.
Pertama-tama menjalankan bisnis kamu bisa mulai dengan mencoba memperbaiki laptop teman-teman yang mungkin kebetulan sedang rusak. Lakukan hal ini secara gratis, selain untuk melatih dan melihat kemampuan yang kamu miliki, kamu juga bisa jadikan ini sebagai ajang promosi dan pembuktian pada calon pelanggan lainnya bahwa kamu memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang ini.
4. Bisnis jasa pengetikan
Untuk membuka bisnis ini, pelajar atau mahasiswa hanya perlu memanfaatkan komputer atau laptop yang rata-rata memang sudah dimiliki. Daripada kamu menggunakan komputer atau laptop sekedar untuk bermain game atau menonton film atau drama, kamu bisa manfaatkan laptop atau komputer milikmu untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.
Berikut diatas itu merupakan beberapa jenis bisnis minim modal yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa di jalankan sambil bersekolah atau kuliah.

Reaksi:

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Hello, how may we help you? Just send us a message now to get assistance.

Facebook Messenger ×